Senin, 18 Desember 2017



PROGRAM STUDI

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat memilik 3 Program Studi, yaitu: Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro. Masing-masing Prodi dipimpin oleh seorang Ketua Prodi.

 

Visi Program Studi Teknik Sipil Yaitu :

“Program Studi Teknik Sipil yang berkualitas dengan reputasi nasional dalam rancang bangun teknik sipil berlandaskan nilai – nilai Islam, pada tahun 2025”.

Misi Program Studi Teknik Sipil Yaitu :

  1. Mendidik  mahasiswa yang mandiri, berkapasitas, dan peka terhadap perkembangan teknologi sipil dalam hal rancang bangun.

  2. Mendorong perbaikan kualitas pembelajaran ilmu teknik sipil dan kapasitas staf pengajar akademik yang professional.

  3. Memberikan kontribusi terhadap perkembangan teknologi teknik sipil, terutama dalam bidang rancang bangun sesuai dengan perkembangan zaman.

  4. Menciptakan masyarakat kampus yang  islami  dengan memiliki wawasan dan iklim akademis yang kondusif bagi perkembangan IPTEK.

  5. Melaksanakan kerja sama dengan berbagai pihak dan lembaga perguruan tinggi lainnya, pemerintah daerah dan dunia industri.

 

Visi Program Studi Teknik Mesin Yaitu :

“Menjadikan Program Studi Teknik Mesin sebagai  program studi yang unggul dan terdepan dalam bidang teknologi permesinan Tahun 2020 di Sumatera Barat”.

Misi Program Studi Teknik Mesin Yaitu :

  1. Melaksanakan kurikulum baru yang relevan dengan perkembangan dunia usaha dan Iptek serta menghasilkan sarjana teknik yang  berjiwa islami.
  2. Menggembankan Iptek yang  berkualitas terhadap tenaga pendidik secara berkesenambungan dan selalu aktif dalam segala kegiatan baik sekala nasional dan inetrnasional dalam forum seminar dan sejenisnya.
  3. Mengikutsertakan mahasiswa dalam semua kegiatan penelitian dosen, baik yang didanai fakultas atau dikti dan stakeholder.
  4. Melaksanakan chaneling dengan berbagai pihak swasta dalam menunjang proses belajar mengajar dan peningkatan sofwer dan hardwer teknik mesin UMSB.
  5. Mengembangkan dan menyelenggarakan penelitian serta pengabdian pada masyarakat yang berkesinambungan.

 

Visi Program Studi Teknik Elektro Yaitu :

“Menjadikan Program Studi Teknik Elektro yang  Islami dan terkemuka di Sumatera Barat pada tahun 2025”.

Program Studi Teknik Elektro Yaitu :

  1. Mendidik  mahasiswa  Prodi  Teknik Elektro  yang mandiri, berkapasitas, dan peka terhadap perkembangan Teknologi dengan etos kerja tinggi dan beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia dan bertanggung jawab dalam nuansa Islami.
  2. Mendorong perbaikan kualitas pembelajaran Ilmu Teknik Elektro dan Kapasitas staf pengajar akademik yang professional.
  3. Menciptakan masyarakat kampus yang islami dengan memiliki wawasan dan iklim akademis yang konduksif bagi pengembangan iptek.
  4. Menyelenggarakan penelitian dan  pengabdian pada masyarakat dalam rangka memajukan iptek dibidang kelistrikan dan kesejahteraan masyarakat.
  5. Melaksanakan kerja sama dengan berbagai pihak dan lembaga perguruan tinggi lainnya, pemerintah daerah dan dunia industria.




Info