Selasa, 17 Oktober 2017



TATA KELOLA KHAS

            Secara struktural Fakultas Teknik dipimpin oleh seorang Dekan, yang merupakan penanggungjawab unit secara kelembagaan. Dalam waktu dekat akan dilengkapi dengan Wakil Dekan I, II, dan III (masing-masing bidang akademik, personalia dan keuangan dan Kemahasiswaan dan Al-Islam Kemuhammadiyahan). Dalam operasional pendidikan dan pengajaran dibantu oleh tiga ketua dan sekretaris program studi. Ketua Prodi bertanggungjawab kepada Dekan dan Sekretaris Prodi bertanggung jawab kepada Ketua Prodi. Untuk menduduki jabatan Dekan, wakil Dekan, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi disyaratkan berkualifikasi pendidikan S-2 dari dosen tetap yayasan dan PNSD. Untuk mengangkat struktur di atas dilakukan melalui mekanisme rapat anggota senat fakultas. Hasil rapat senat disampaikan kepada Rektor. Calon Pejabat Dekan dan Wakil Dekan dikirim Rektor untuk diteruskan ke Dirjen Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah guna penerbitan Surat Keputusan (SK), sedangkan untuk jabatan ketua dan sekretaris prodi diangkat dan di SK kan oleh Rektor.

         Manajemen administrasi perkantoran di Fakultas Teknik UMSB di kepalai oleh seseorang yang telah memenuhi syarat baik dari segi pendidikannya maupun pangkat, golongan, dan jabatannya. Pemimpin administrasi perkantoran ada Kepala Tata Usaha yang membawahi sub adminitrasi akademik, keuangan, umum dan kepegawaian, serta kepustakaan. Semua kegiatan administrasi harus sepengetahuan KTU dan sub administrasi bertanggungjawab penuh kepada KTU.

        Sementara Ketua Prodi bertanggungjawab penuh atas terselenggaranya kegiatan perkuliahan. Bertugas mencari dan menghubungi dosen serta menyusun jadwal perkuliahan setiap semester. Ketua Prodi menyiapkan program rencana kerja tahunan prodi dan melaporkan kepada dekan pada awal tahun akemik. Mengkoordinir pengisian Pangkalan Data Perguruan Tinggi, melaksanakan program kerja lapangan, seminar proposal, ujian tugas akhir, dan kegiatan labor. Semua kegiatan yang dilakukan oleh Ketua Prodi bertanggungawab kepada Dekan.





Info